Apa Kabar Raja OTT yang Dipecat KPK?

3

PAPUADAILY –Satu per satu kisah para pegawai KPK yang belakangan dipecat KPK buntut polemik Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) mengemuka. Kini giliran seorang yang dulunya berperan penting di balik rekor operasi tangkap tangan (OTT) KPK. Siapa dia?

Adalah Harun Al Rasyid. Namanya memang jarang muncul saat publik dikejutkan tentang OTT KPK. Tak heran, sebab memang kerjanya di belakang layar.

Harun sendiri pernah mengaku memiliki julukan tersendiri, yaitu ‘Raja OTT’. Namun sejak disingkirkan KPK melalui TWK, bagaimana kabarnya?

Seperti dikutip dari detik.com, diceritakan salah seorang mantan penyelidik KPK yang juga sudah dipecat, Aulia Postiera, melalui akun Twitter-nya, Harun kini lebih banyak berkutat dengan pesantren dan mengajar mengaji. Cak Harun, begitu dia biasa disapa, merupakan satu di antara mantan pegawai KPK dari angkatan pertama.

“Harun Al Rasyid nama lengkapnya. Mantan Penyelidik Utama KPK (Kasatgas). Seorang Doktor Hukum dan salah seorang pegawai KPK angkatan pertama. Sementara ini, mengisi hari-harinya dengan mengelola pesantren dan barang dagangannya untuk didistribusikan dan dijual ke warung-warung,” ucap Aulia melalui @paijodirajo di Twitter, Selasa (12/10/2021).

Aulia lantas melanjutkan kenangannya tentang Cak Harun sewaktu aktif di KPK. Bagi Aulia, Cak Harun sosok yang sangat produktif baik dalam pemberantasan korupsi maupun hal lainnya.

“Saat aktif sebagai Penyelidik KPK, Harun sangat sibuk dan produktif. Ia membagi waktunya untuk menyelidiki perkara, sebagai Pengurus Wadah Pegawai KPK, pengurus Masjid Al Ikhlas KPK, mengajar mengaji di pesantrennya dan menulis buku. Harun biasanya menjadi imam salat Isya di Masjid KPK,” kata Aulia.

“Harun merupakan salah seorang penyelidik berprestasi dan menjadi panutan banyak juniornya di KPK. Banyak dari kasus OTT yang ditanganinya bersama anggota satgasnya dalam beberapa tahun terakhir, sehingga dia tak salah juga mendapat julukan sebagai Raja OTT,” imbuh Aulia.

Cerita tentang Raja OTT itu pernah juga disampaikan Harun dalam tayangan di kanal YouTube Najwa Shihab yang diunggah pada 28 Mei 2021. Kala itu, menurut Harun, Firli Bahuri yang kini Ketua KPK bertugas sebagai Deputi Penindakan KPK saat memberikan julukan ‘raja OTT’ kepadanya.

“Saya punya hubungan yang lebih khusus kalau dengan Firli. Jadi, ketika dia jadi deputi, saya dijuluki sama Firli itu raja OTT karena OTT terbanyak itu adalah pada saat Firli jadi deputi, 2018,” kata Harun pada Najwa. “Waktu itu 29 OTT,” imbuh Harun.