Anggota DPR Papua Meninggal Dunia Usai Sepekan Melawan Covid-19

4

PAPUADAILY –Setelah sepekan berjuang melawan ganasnya Covid-19, John Siffy Mirin, anggota DPR RI Fraksi PAN asal Papua, mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

“Sudah sekitar satu minggu mendiang John Mirin berjuang melawan COVID-19, tetapi kesehatannya terus menurun hingga akhirnya meninggal dunia. Dalam seminggu itu pula saya terus berkomunikasi dengan Wasekjen dan kader PAN asal Papua, dr Rosaline Irene Rumaseuw, yang menemani mendiang John Mirin dan  keluarga,” kata Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang kerap disapa Zulhas dalam keterangan tertulis, Sabtu (3/7/2021).

Zulhas dijelaskan awalnya John dilarikan ke RS Medistra, Jakarta Selatan (Jaksel).  Namun kesehatan John memburuk pada Jumat (2/7). Saturasi oksigennya terus menurun, harus dibantu ventilator.

Sementara itu, karena RS penuh, John masih dirawat di IGD, sambil menunggu kamar ICU yang kosong. Sebab kamar ICU  diprioritaskan untuk pasien Covid-19 yang sedang hamil.

Zulhas kemudian menyampaikan dirinya langsung menghubungi Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Daulay terkait keadaan itu untuk dicarikan alternatif rumah sakit lain.

“Berjam-jam Saleh Daulay berupaya, hingga tengah malam, sampai akhirnya saya mendapat kabar pukul 1.15 dini hari tadi bahwa John bisa dipindahkan ke ruang ICU RSPAD Gatot Soebroto. Keluarga John pun setuju untuk dipindahkan. Saya minta Saleh dan Rosaline segera mengurus ambulansnya,”  terang Zulhas.

Zulhas mengaku bahkan tak dapat tidur karena kondisi John.  Namun Subuh hari tadi, dia mendapat kabar John meninggal dunia.

“Selamat jalan kader PAN kebanggaan masyarakat Papua, John Mirin. Semoga tenang di alam perjuangan John selama ini. Atas nama pribadi dan keluarga besar PAN, saya juga menyampaikan dukacita yang mendalam untuk keluarga yang ditinggalkan. Semoga diberi ketabahan,”  ucap Zulhas.

Dia pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada kader-kader PAN yang telah mengupayakan pengobatan terbaik terhadap John.  Terakhir, Zulhas mengingatkan semua pihak untuk waspada terhadap paparan Covid-19 dan saling peduli satu sama lain di tengah pandemi ini.*