Anggota DPR minta Jenderal Andika optimalkan masa jabatan Panglima TNI

2

PAPUADAILY –Anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono meminta calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengoptimalkan masa jabatannya yang hanya setahun untuk membuat perubahan di institusi TNI.

Dia mengatakan ada berbagai tantangan yang harus diselesaikan Jenderal Andika, misalnya meningkatkan kesejahteraan prajurit TNI.

“Saya yakin beliau dapat melakukan hal tersebut meskipun waktunya terbatas. Itu justru jadi tantangan, bukan hambatan buat dia dalam waktu singkat bisa melakukan secara optimal,” kata Dave kepada para jurnalis di Jakarta, Kamis (4/11/2021).

Dia mengatakan dalam uji kelayakan calon Panglima TNI, dirinya akan fokus menanyakan terkait komitmen Jenderal Andika untuk bekerja optimal bagi kesejahteraan prajurit yang masih aktif maupun pensiun.

Menurut dia, saat ini masih ada berbagai permasalahan, seperti rumah dinas, bagaimana pendidikan keluarga prajurit terutama di wilayah terluar, terdepan, dan pedalaman.

“Lalu bagaimana penanganan permasalahan di Papua dan Poso, kemungkinan potensi konflik di Aceh, itu yang ingin kami dengar dan bahas,” ujarnya.

Dave mengatakan dirinya ingin mendengarkan konsep Jenderal Andika terkait mengatasi persoalan di Laut Natuna Utara karena adanya keterbatasan kondisi di TNI Angkatan Laut, misalnya jumlah personel dan kapal.

Menurut dia, Jenderal Andika perlu menjelaskan bagaimana mengatur agar kehadiran TNI di Laut Natuna Utara dapat maksimal menjaga wilayah kedaulatan NKRI.

“Saya yakin Jenderal Andika bisa meningkatkan hubungan baik antara TNI-Polri. Beliau figur progresif, berpikiran luas, dan memiliki konsep baru dalam kemajuan di tubuh TNI,” katanya.