Andika: Soal Papua Harus Kita Perbaiki, Saya Sudah Punya Konsep

4
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa

Papua Daily – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengatakan, dia akan melakukan perbaikan dalam menangani persoalan di Papua. Dia pun berjanji melakukan evaluasi dan perubahan.

“Papua pasti kita akan perbaiki, karena saya ingin menggunakan peraturan perundangan, sehingga jangan sampai kita ini melakukan tindakan atau mengambil hak orang lain,” ujar Andika kepada wartawan usai pelantikan di Istana Negara, Rabu (17/11/2021).

“Jadi saya akan melakukan evaluasi dan melakukan perubahan dalam hal bagaimana kita beraktivitas. Bukan hanya di Papua tetapi juga di seluruh NKRI,” kata dia.Andika mengaku ingin agar TNI dapat melakukan tugas-tugas di Papua sebagaimana halnya di daerah lain, seperti Jakarta dan Jawa. Menurut dia, status Papua sama dengan daerah lain di Indonesia.

“Karena statusnya sama jadi kita kembali ke sana. Detailnya setelah saya sudah lakukan evaluasi, saya sudah ada konsep sehingga itu yang akan saya lakukan,” ujar Andika. Ia juga menyampaikan, persoalan keamanan menjadi tantangan tersendiri baginya.

Andika melihat keamanan memiliki dua sisi, yakni sisi riil dan persepsi atau konsep. Dia berpandangan, kedua hal ini harus diteliti kembali supaya dapat berjalan beriringan.