AKBP Untung Sangaji Terus Berkarya di Papua, Ajarkan Tanam Pisang Beta

1

PAPUADAILY –Masih ingat aksi heroik seorang perwira polisi lakukan kontak tembak melawan teroris saat bom meledak di kawasan Sarinah Jakarta pada 2016 silam? Dia mengendap-endap sambil membawa pistol untuk menangkap teroris.

Dialah Untung Sangaji, kini berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi dan menjabat Kapolres Merauke, Papua. Bagaimana kabarnya kini?

AKBP Untung Sangaji terus berkarya dan memberi kontribusi untuk memajukan masyarakat asli Papua di pinggiran.

Ia mengajarkan olah tanah dan bercocok tanam pisang Beta asal Seram Ambon kepada orang asli Papua (OAP) di Merauke pada Jumat (12/11/2021).

“Saya ajarkan kepada Bung Pelipus Mbadia Iromoro asal Kimaam,” kata Untung kepada Tribun-Papua.com. Jumat (12/11/2021).

Dia menjelaskan, Pelipus Mbadia adalah ketua kelompok pertanian dan perikanan bandeng presto di Kelapa Lima Merauke yang digalakkan Kapolres.

Semua itu dilaksanakan sama seperti saat Kapolres AKBP Untung Sangaji mengajarkan kepada masyarakat di Aceh Utara dan Sumatera Urata (Sumut).

Ia rela mendatangkan bibit pisang beta jauh-jauh langsung dari Seram dan menularkan ilmu bercocok tanam yang baik dan benar kepada masyarakat.

Disela-sela kesibukannya menjalankan tugas, lelaki berdarah Ambon ini juga memanfaatkan waktu untuk memberi makan ikan ditambak ikan yang akan diolah menjadi bandeng presto.

Tekad AKBP Untung Sangaji sangat kuat dalam meningkatkan taraf ekonomi masyarakat di Bumi Anim Ha.

Karir Untung Sangaji

AKBP Untung Sangaji sebenarnya bernama lengkap Ahmad Untung Surianata. Dia lahir di Waimital, Kairatu, Seram Bagian Barat, Maluku.

Untung Sangaji merupakan lulusan Sepa 1995 dan berpengalaman dalam bidang polair.

Menjalani karir di Polri, Untung bertugas dari Sabang hingga Merauke. Dia pernah menjadi Kapolres Aceh Utara dan sejak 13 Oktober 2020 dipercaya menjadi Kapolres Merauke.

Selama bertugas di Merauke, AKBP Untung Sangaji bersama Densus 88 juga menangkap 11 teroris yang ingin mengacaukan wilayah Papua. Dia juga berhasil mengamankan Hari Raya Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru 2021. Termasuk menjaga situasi kamtibmas saat HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Dalam bertugas, Untung Sangaji juga dikenal sangat dekat dengan orang asli Papua (OAP). Dia mengajarkan home industri, cara menanam padi India dan kerap menggelar bakti sosial tanpa batas sehingga membuatnya disegani atas kinerjanya.