Ahli Gizi Nilai Kandungan Gizi Bear Brand dan Susu Lain Tak Jauh Berbeda

2

PAPUADAILY –Video yang menampilkan sejumlah orang berebut susu beruang di pusat perbelanjaan viral di media sosial. Susu steril asal pabrikan Swiss itu mulai langka di pasaran.

Harganya pun ikut melonjak. Sebelumnya, harga susu beruang berada di kisaran Rp8.000 hingga Rp9.000. Kini naik menjadi Rp15.000.

Susu Bear Brand kini menjadi incaran banyak orang. Tingginya konsumsi susu Bear Brand sejalan dengan terus meningkatnya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia. Lalu sebenarnya apa saja kandungan yang ada pada susu dengan kemasan kaleng ini.

Ahli gizi, Ati Nirwanawati SKM.MARS mengatakan, selain karena penyebaran Covid-19 meluas, meningkatnya konsumsi susu disebabkan musim pancaroba. Peralihan musim dari penghujan ke kemarau ini membuat cuaca tidak menentu sehingga masyarakat berupaya menambah imun tubuh dengan mengonsumsi susu.

“Sehingga orang berpikir perlu menambah imun dengan konsumsi susu,” ujar Ati kepada merdeka.com, Minggu (4/7/2021).

Namun, susu beruang sebetulnya bukan satu-satunya susu yang dibutuhkan untuk meningkatkan imunitas tubuh di tengah pandemi Covid-19. Susu jenis lain dengan kandungan gizi baik pun diperlukan. “Tidak hanya susu beruang saja yang dibutuhkan di tengah pandemi tetapi susu jenis lain pun diperlukan,” ujarnya.

Ati menyebut, nilai gizi dalam susu beruang tidak jauh berbeda dari susu lain pada umumnya. Susu beruang mengandung lemak jenuh, kolesterol, protein, karbohidrat dan natrium yang diolah secara sterilisasi.

Sedangkan susu sapi pada umumnya mengandung growth faktors, imunoglobulin (Igs), laktoperoksidase, lisozim, laktoferin, sitokin, vitamin, peptida dan oligosakarida. Semua kandungan dalam susu tersebut bermanfaat bagi kesehatan.

“Yang membedakan susu beruang dengan susu siap minum lainnya di kemasan. Kemasan susu beruang eksklusif karena dari kaleng bukan karton. Kemasan berujung pada branding yang berkaitan dengan brand image customer behavior, yang intinya mindset kebanyakan orang susu dianggap lebih menyehatkan,” jelas dia.

Ati menjelaskan, manfaat susu beruang sama seperti susu lainnya yang mengandung antibodi spesifik. Antibodi spesifik memberi efek sinergis pada aktivitas anti mikroba IgG (imunoglobulin) sehingga dapat mencegah infeksi saluran pencernaan dan pernapasan pada manusia.

Karena kandungan gizi pada susu beruang dan susu lainnya sama, Ati mengimbau masyarakat untuk tidak panic buying. “Panic buying sama sekali tidak perlu. Sampai dengan saat ini tidak ada produk yang terbukti ampuh (mencegah Covid-19). Paling ampuh tetap taat prokes (protokol kesehatan) dan konsumsi gizi seimbang,” tandasnya.

 

Penjelasan Nestle

Nestle Indonesia angkat bicara mengenai pembelian susu Bear Brand yang kini menjadi buruan masyarakat. Direktur Corporate Affairs Nestle Indonesia Debora R.Tjandrakusuma menuturkan, pihaknya memaksimalkan upaya untuk memasok produk susu Bear Brand kepada konsumen.

“Kami melakukan yang terbaik yang kami bisa guna memenuhi permintaan para konsumen akan produk-produk kami untuk mengoptimalkan kapasitas produksi dan rantai pasokan, terutama untuk produk susu Bear Brand,” ujar dia melansir Liputan6.com.

Terkait ada kenaikan harga produksi susu Bear Brand, Debora mengatakan, pihaknya tidak melakukan kenaikan harga atas produk-produk Nestle termasuk produk susu Bear Brand.

“Salah satu hal yang dilakukan dengan berusaha semaksimal mungkin untuk memasok terus produk susu Bear Brand sehingga dapat memenuhi permintaan konsumen,” ujarnya.

Lalu sebenarnya apa saja kandungan yang ada pada susu dengan kemasan kaleng ini. Susu Bear Brand di bagi menjadi tiga ukuran 189ml dan 140 ml. Untuk ukuran 140 ml ada beberapa rasa piliha seperti Gold White Tea dan Gold White Malt. Semua produk tersebut terbuat dari 100% susu sapi steril.

Untuk ukuran 189 hanya tersedia rasa original, dengan total kalori 120 kalori. Sedangkan kandungan proteinnya 6 gram per sajian.

Melansir Nestle.co.id Bear Brand Gold White Tea dengan kandungan teh putih yang diperoleh dari daun teh pilihan, mengandung vitamin A yang membantu mempertahankan keutuhan lapisan permukaan (mata, saluran pencernaan, saluran penafasan dan kulit), serta merupakan sumber vitamin C, dan vitamin E yang berkontribusi terhadap fungsi normal daya tahan tubuh jika disertai dengan diet gizi seimbang dan olah raga teratur.

Sedangkan Bear Brand Gold White Malt dengan kandungan malt dan vitamin B1 dan B2 yang berperan membantu dalam perubahan karbohidrat menjadi energi, serta vitamin B6 yang berperan membantu metabolisme energi dan pembentukan jaringan, dan sumber vitamin B12. Dukung jalani aktivitas sehari-hari dengan penuh semangat.

Sementara jika mengutip dari katalog kalori dari akun Instagram @Hansboling, produk susu lain ternyata mengandung kalori dan protein yang hampir sama. Seperti Greenfield full cream 1 kotak 250 ml misalnya mengandung 160 kalori dengan 8 gram protein.

Contoh lain Ultra Milk full cream 1 kotak 250 ml mengandung 150 kalori dengan 8 gram protein. Frisian Flag full cream pun memiliki kandungan 140 kalori dengan 7 gram protein. Sehingga minum susu apapun boleh saja karena minuman ini merupakan salah satu sumber gizi.