50 Nelayan Kota Jayapura Berlatih Manfaatkan Informasi Cuaca Dari BMKG

7

PAPUDAILY – Sebanyak 50 nelayan di Kota Jayapura memperoleh ilmu terkait pemanfaatan teknologi informasi cuaca dan iklim melalui Sekolah Lapang Cuaca Nelayan atau SLCN. Pelatihan untuk memanfaatkan informasi cuaca dan iklim itu digelar Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah V Jayapura di Kota Jayapura pada 6 – 7 Desember 2021.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Eko Prasetyo dalam arahannya secara daring dari Jakarta mengatakan para nelayan tangkap di perairan Indonesia, termasuk di Papua, dapat memanfaatkan teknologi informasi cuaca dan iklim dari BMKG.

“Semoga lewat SLCN dapat meningkatkan pemanfaatan informasi cuaca dan iklim oleh nelayan dalam menopang hasil tangkapan di laut,” kata Eko Prasetyo secara daring, Senin (6/12/2021).

Menurutnya, informasi cuaca Pusat Meteorologi Maritim BMKG dapat membantu nelayan untuk membuat keputusan terkait aktivitas mereka.

“Kapan dan dimana nelayan harus bergerak menuju lokasi, atau titik koordinat penangkapan ikan,” sambung Eko Prasetyo mencontohkan salah satu keunggulan pemanfataan kanal teknologi informasi cuaca yang disediakan BMKG.

Eko menyatakan kanal itu menyediakan informasi cuaca di laut secara real time atau waktu sebenarnya. Eko menjelaskan SLCN merupakan salah satu program prioritas pemerintah yang diselenggarakan melalui BMKG.

Eko menginformasikan bahwa kegiatan SLCN bagi para nelayan di Kota Jayapura merupakan penutup dari seluruh rangkaian SLCN tahun ini. SLCN sudah berjalan sejak 2016, bertujuan memberikan pengetahuan kepada nelayan untuk bisa memanfaatkan informasi cuaca dan iklim.

SLCN diharapkan dapat meningkatkan pemahaman peserta tentang perkembangan cuaca yang menjadi panduan ketika hendak melaut.

“Semoga kita bisa memanfaatkan kegiatan SLCN dan harus terus melanjutkan. Jadilah alumnus informasi SLCN 2021 dan konsultan cuaca di wilayah masing-masing,” pesan Eko bagi seluruh peserta. Kepala Dinas Perikanan Kota Jayapura, Matheys Sibi menyambut positif serta mengepresiasi kegiatan SLCN bagi para nelayan di Kota Jayapura.

Menurutnya, teknologi informasi tentang cuaca dan iklim adalah kebutuhan.